Manfaat Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Anak Usia Dini

  • 2 min read
  • Nov 14, 2022

Kegemaran belajar sejak usia dini merupakan modal dasar yang sangat diperlukan dalam rangka penyiapan masyarakat belajar learning societes dan sumber daya manusia di masa mendatang. Begitu banyaknya nilai dan manfaat yang dapat diraih dari lingkungan sebagai sumber belajar dalam pendidikan anak usia dini bahkan hampir semua tema kegiatan dapat dipelajari dari lingkungan.

22 Manfaat Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Anak Sekolah Prestasi Global

Penggunaan lingkungan alam sebagai sumber belajar anak usia dini terhadap perkembangan kognitif anak dengan tema tanaman kelompok b di paud anggerk aluh aluh kecil muara kabupaten banjar tahun ajaran 2017 2018.

Manfaat lingkungan sebagai sumber belajar anak usia dini. Namun demikian diperlukan adanya kreativitas dan jiwa inovatif dari para guru untuk dapat memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar. Kesenangan anak didik untuk bersekolah dipengaruhi oleh lingkungan sekolah maka pengaturan lingkungan alat permainan pada khususnya dan sumber belajar pada umumnya harus rapi menarik dan dengan efisiensi yang tinggi sehingga dapat dinikmati dan dirasakan oleh anak. Terhadap pendidikan anak usia dini pengaruh dan manfaat bermain serta macam macam metode bermain bagi anak anak usia dini.

Pembelajaran berbasis lingkungan sebagai sumber belajar pada anak usia dini di paud cerdas sukorejo kendal. Ditulis oleh mudah nim 1401271206 telah diujikan dalam. Pengertian pendidikan anak usia dini sebelum membahas lebih dalam apa yang dimaksud dengan pendidikan anak usia dini maka kiranya perlu dijelaskan secara singkat perkembangan fase bayi dan kanak kanak.

Dan proses pengajaran yang mengoptimalakan lingkungan sebagai sumber belajar dikenal dengan pendekatan ekologis. Lingkungan itu terdiri dari unsur unsur biotik makhluk hidup abiotik benda mati dan budaya manusia. Nilai nilai lingkungan sebagai sumber belajar lingkungan yang ada di sekitar anak merupakan salah satu sumber belajar yang dapat dioptimalkan untuk pencapaian proses dan hasil pendidikan yang berkualitas bagi anak usia dini.

Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan lingkungan sebagai sumber belajar itu banyak manfaatnya baik dari segi motivasi belajar kegiatan belajar kekayaan informasi hubungan social siswa dan sebagainya. Namun demikian diperlukan adanya kreativitas dan jiwa inovatif dari para guru untuk dapat memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar. Begitu banyaknya nilai dan manfaat yang dapat diraih dari lingkungan sebagai sumber belajar dalam pendidikan anak usia dini bahkan hampir semua tema kegiatan dapat dipelajari dari lingkungan.

Selain lingkungan alam sebagaimana telah diuraikan di atas jenis lingkungan lain yang kaya akan informasi bagi anak usia dini yaitu lingkungan sosial hal hal yang bisa dipelajari oleh anak usia dini dalam kaitannya dengan pemanfaatan lingkungan sosial sebagai sumber belajar ini misalnya. D kegiatan belajar dimungkinkan akan lebih menarik bagi anak sebab lingkungan menyediakan sumber belajar yang sangat beragam dan banyak pilihan. Tesis ini disusun sebagai salah satu persyaratan meraih gelar magister pendidikan pada program studi pendidikan dasar konsentrasi pendidikan anak usia dini program pascasarjana universitas negeri semarang.

Pdf Pelaksanaan Perilaku Sehat Pada Anak Usia Dini Di Paud Purwomukti Desa Batur Kecamatan Getasan

Buku Ajar Bermain Permainan Anak Usia Dini Prenadamedia Group

5 Manfaat Bermain Sambil Belajar Bagi Anak Usia Dini

Perencanaan Pembelajaran Paud

Https Journal Uny Ac Id Index Php Jpa Article Download 11707 8411

Perkembangan Anak Usia Dini

Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini

Caud0108 Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini Edisi 2 Perpustakaan Ut

Peran Keluarga Dalam Pengembangan Dan Pendidikan Anak Usia Dini Tanoto Foundation